Cara Menghitung HPS Jasa Konsultansi

Cara Menghitung Harga Perkiraan Sendiri Jasa Konsultan berdasarkan Peraturan Lembaga kebijakan Pengadaan Barang/Jasa pemerintah Nomor 9 Tahun 2018, Tentang Pedoaman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa melalui Penyedia.



Berikut metode-metode yang dapat digunakan untuk menghitung Harga Perkiraan Sendiri Jasa Konsultan :

1)  Metode Perhitungan berbasis Biaya (cost-based rates) 

Perhitungan HPS yang menggunakan metode perhitungan tarif berbasis biaya terdiri dari :

a)  Biaya langsung personel (Remuneration); dan
b)  Biaya langsung non personel (Direct Reimbursable Cost)

Biaya Langsung Personel adalah biaya langsung yang diperlukan untuk membayar remunerasi tenaga ahli berdasarkan Kontrak. Biaya Langsung Personel telah memperhitungkan gaji dasar (basic salary), beban  biaya  sosial (social  charge),  beban  biaya umum (overhead cost), dan keuntungan (profit/fee).

Biaya Langsung Personel dapat dihitung menurut jumlah satuan waktu tertentu (bulan (SBOB), minggu (SBOM), hari (SBOH), atau jam (SBOJ)), dengan konversi menurut satuan waktu sebagai berikut:

Satuan Biaya Orang Minggu (SBOM) = SBOB/4,1
Satuan Biaya Orang Hari (SBOH)   = (SBOB/22) x 1,1
Satuan Biaya Orang Jam (SBOJ)    = (SBOH/8) x 1,3

Biaya Langsung Non Personel adalah biaya langsung yang diperlukan untuk menunjang pelaksanaan Kontrak yang dibuat dengan mempertimbangkan dan berdasarkan harga pasar yang wajar dan dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan perkiraan kegiatan. Biaya Non Personel dapat dibayarkan secara Lumsum, Harga Satuan dan/atau penggantian biaya sesuai yang dikeluarkan (at cost).

Biaya Non Personel yang dapat dibayarkan secara Lumsum diantaranya pengumpulan data sekunder, seminar, workshop, sosialisasi, pelatihan, diseminasi, lokakarya, survei, biaya tes laboratorium, hak cipta dan lain-lain.

Biaya Non Personel yang dapat dibayarkan secara Harga Satuan diantaranya sewa kendaraan, sewa kantor proyek, sewa peralatan kantor,   biaya   operasional   kantor   proyek,   biaya   ATK,   biaya komputer  dan  pencetakan,  biaya  komunikasi  dan  tunjangan harian.

Biaya Non Personel yang dapat dibayarkan melalui penggantian biaya sesuai yang dikeluarkan (at cost) diantaranya dokumen perjalanan, tiket transportasi, biaya perjalanan, biaya kebutuhan proyek dan biaya instalasi telepon/internet/situs web.

Biaya Langsung Non Personel pada prinsipnya tidak melebihi 40% (empat   puluh   persen)   dari   total   biaya,   kecuali   untuk  jenis pekerjaan konsultansi yang bersifat khusus, seperti: pekerjaan penilaian aset, survei untuk memetakan cadangan minyak bumi, pemetaan udara, survei lapangan, pengukuran, penyelidikan tanah dan lain-lain.

2)  Metode Perhitungan Berbasis Pasar (market-based rates)

Perhitungan HPS yang menggunakan metode perhitungan berbasis pasar  dilakukan  dengan  membandingkan  biaya  untuk menghasilkan keluaran pekerjaan/output dengan tarif/harga yang berlaku di pasar.

Contoh : jasa konsultansi desain halaman situs web.

3)  Metode Perhitungan Berbasis Keahlian (value-based rates)

Perhitungan HPS yang menggunakan metode perhitungan berbasis keahlian dilakukan dengan menilai tarif berdasarkan ruang lingkup keahlian/reputasi/hak eksklusif yang disediakan/dimiliki jasa konsultan tersebut.

Contoh : jasa konsultansi penilai integritas dengan menggunakan sistem informasi yang telah memiliki hak paten.

Related : Cara Menghitung HPS Jasa Konsultansi

0 Komentar untuk "Cara Menghitung HPS Jasa Konsultansi "