Prosedur Pemeriksaan Untuk Mengukur Tekstur Menggunakan Metode Lingkar Pasir

Prosedur Pemeriksaan Untuk Mengukur Tekstur adalah prosedur standar untuk mengukur tekstur dengan metode lingkaran pasir


Pemeriksaan Tekstur, dengan metode lingkar pasir

Lingkup

Tata cara pemeriksaan ini meliputi penentuan kedalaman tekstur rata-rata dari permukaan perkerasan dengan menggunakan pasir untuk mendapatkan volume dari rongga-rongganya. Metode ini cocok untuk mengukur permukaan dengan kedalaman tekstur rata-rata lebih besar dari 0,45 mm (garis tengah lingkaran pasir kurang dari 350 mm).

Peralatan dan Material
  1. Sebuah penggaris atau pita ukur yang berskala dalam milimeter dengan panjang tidak kurang dari 400 mm.
  2. Sebuah sikat halus atau kuas.
  3. Sebuah papan penggaris dengan panjang antara 150 hingga 160 mm.
  4. Sebuah silinder pengukur pasir dengan garis tengah 30 – 45 mm yang mempunyai volume sebelah dalam 45 +/- 0,5 ml. Permukaan atas silinder harus dipotong rata untuk mempermudah pembuangan kelebihan pasir dengan sapuan.
  5. Sejumlah pasir kering dan bersih dengan butiran yang bulat, 100% lolos 600 um dan 100% tertahan pada saringan 300 um BS 410 (bila diperiksa dengan pengayakan).

Tata Cara Pemeriksaan
  1. Periksa bahwa daerah yang akan diperiksa cukup kering dan bebas dari kotoran. Sikat setiap material halus dari permukaan yang diperiksa.
  2. Isi silinder dengan pasir dan ketuk-ketuk secara ringan hingga pasir berhenti memadat. Isi silinder hingga penuh dan sapu rata dengan hati-hati permukaan silinder dengan papan penggaris.
  3. Tuangkan pasir dengan bentuk kerucut pada tengah-tengah  daerah yang akan diperiksa (dalam keadaan berangin disarankan menggunakan ban atau penyekat angin mengelilingi pasir tersebut).
  4. Dengan menggunakan papan penggaris, sebarkan pasir dalam bentuk lingkaran hingga cekungan-cekungan permukaan diisi rata sehingga bagian atas batuan perkerasan (lihat gambar 1). Bagian atas dari batuan yang lebih besar harus hanya persis terlihat melalui lapisan pasir.
  5. Ukurlah garis tengah jejak lingkaran, dua kali, arah dari pengukuran yang kedua kira-kira tegak lurus terhadap yang pertama. Ambil harga rata-rata dari pengukuran ini untuk memberikan harga D, yang merupakan garis tengah lingkaran pasir.

Perhitungan

Kedalaman tekstur rata-rata dapat dihitung dengan membagi volume pasir dengan luas dari lingkaran pasir.

Rata-rata kedalaman tekstur   = 57300/D^2 mm   (D dalam mm)

Laporan
  1. Catatan diameter lingkaran pasir dalam milimeter hingga 5 mm terdekat. Tekstur yang menghasilkan diameter melebihi 350 mm (tidak dapat diukur secara tepat dengan cara ini) harus dilaporkan sebagai “lebih besar dari 350 mm”.
  2. Catat kedalaman tekstur rata-rata hingga 0,1 mm terdekat (tidak diperlukan untuk penelitian perencanaan pelaburan).
  3. Catat lokasi, tanggal, waktu dan nama orang yang melaksanakan pemeriksaan tersebut.


Related : Prosedur Pemeriksaan Untuk Mengukur Tekstur Menggunakan Metode Lingkar Pasir

0 Komentar untuk "Prosedur Pemeriksaan Untuk Mengukur Tekstur Menggunakan Metode Lingkar Pasir"